Cari Blog Ini

Menguasai Kemampuan Pedagogik Bahasa Mandarin


 

Menguasai Kompetensi Pedagogik & Keterampilan Berbahasa Mandarin untuk Jadi Guru Bahasa Mandarin

 

Link Skill Academy

Materi Video 

Materi Kelas :

Pre Exam

 

Ringkasan Materi Belajar 

(Materi pdf)

Exam


Hai Teman Belajar! Tahukah kamu, bahwa China menjadi aktor ekonomi global yang kian menguat? Sehingga fasih berbahasa Mandarin, menjadi salah satu skill yang dibutuhkan untuk menunjang karir dengan cepat dan mudah. Dengan kondisi tersebut juga tentunya, membuat pekerjaan guru bahasa mandarin kian dibutuhkan demi mempersiapkan sumber daya manusia yang fasih berbahasa Mandarin.


Dalam kelas ini, kamu akan dipersiapkan untuk dapat menjadi guru Bahasa Mandarin yang terampil melalui materi kompetensi pedagogik seperti menilai kemampuan awal dan analisis kebutuhan pembelajaran, merancang pelaksanaan pembelajaran, membuat bahan ajar, hingga mengevaluasi pembelajaran. Di samping itu, kamu akan dibekali juga kompetensi profesional berbahasa mandarin untuk pemula seperti pelafalan, percakapan, membaca angka, bernegosiasi, hingga menulis dalam bahasa mandarin.

Jadi tunggu apalagi, segera ikuti kelasnya!

 

Metode Penyampaian Materi: Self Paced Learning


Tujuan Umum:

Peserta mampu merancang program pembelajaran Bahasa Mandarin sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa.


Tujuan Khusus:

– Peserta mampu memahami cara menilai tingkat kemampuan dan tingkat kesulitan bahasa mandarin siswa,

– Peserta mampu melakukan analisis kebutuhan pembelajaran pada siswa

– Peserta mampu membuat perencanaan pembelajaran bahasa mandarin

– Peserta mampu melaksanakan pembelajaran bahasa mandarin

– Peserta mampu merancang dan membuat bahan-bahan ajar untuk pembelajaran bahasa mandarin

– Peserta mampu menilai kemajuan belajar siswa;

– Peserta mampu menguraikan cara membantu siswa berkebutuhan khusus

– Peserta mampu menguraikan cara memberikan bantuan kepada guru-guru lain

– Peserta mampu melakukan evaluasi pembelajaran


Aspek Pengetahuan:

1. Mengenal jenis-jenis konten yang bisa ditulis dalam blog

Materi:

– Perkenalan dengan Monetisasi Blog

– Topik Konten yang Menghasilkan Uang

– Cara Membangun Niche


2. Memahami manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dari blog

Materi:

– Perkenalan dengan Monetisasi Blog


3. Mengetahui aspek penting untuk memonetisasi blog

Materi:

– Modal untuk Monetisasi Blog


4. Mengenal berbagai jenis tulisan

Materi:

– Pendahuluan Mengenai Creative Writing

– Jenis Tulisan berdasarkan Tujuan

– Jenis Tulisan yang Populer & Diminati

– Pendahuluan Mengenai Storytelling

– Teknik Penulisan Storytelling

– PDF Bentuk Creative Writing: Penulisan Fiksi

– PDF Bentuk Creative Writing: Penulisan Nonfiksi Kreatif

– PDF Bentuk Creative Writing: Screenwriting

– PDF Bentuk Creative Writing: Playwriting

– PDF Bentuk Creative Writing: Penulisan Puisi


5. Menyebutkan penyebab dan cara mengatasi writer’s block

Materi:

– Masalah Penulis: Writer’s Block

– Cara Mengatasi Writer’s Block


6. Menjelaskan langkah untuk mencapai mindfulness ketika menulis

Materi:

– Masalah Penulis: Pentingnya Mindfulness dalam Menulis


7. Memahami cara melakukan riset

Materi:

– Langkah Menulis Konten Bermanfaat dan Berkualitas

– Menjelaskan bagian dalam sistem penulisan


8. Menjabarkan hal-hal yang harus dilakukan atau tidak dilakukan oleh seorang penulis

Materi:

– Kesalahan yang Umum Dilakukan Penulis Kreatif

– Masalah Penulis: Writer’s Block

– Cara Mengatasi Writer’s Block

– Masalah Penulis: Pentingnya Mindfulness dalam Menulis

– Tantangan dalam Karir Penulis Profesional


9. Menjelaskan bagian-bagian dalam sistem penulisan

Materi:

– Sistem Penulisan (Writing System)


10. Memahami cara menerapkan storytelling serta rahasia untuk menciptakan brand storytelling yang menarik

Materi:

– Penggunaan Storytelling pada Brand


Aspek Keterampilan:

1. Melakukan analisis kebutuhan pembelajaran

Materi:

– Analisis Kebutuhan Pembelajaran

– Melakukan analisis kebutuhan pembelajaran

– PDF Berbagai Model & Metode Pembelajaran


2. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model dan bahan ajar yang tepat

Materi:

– Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

– PDF Berbagai Jenis Bahan dan Media Pembelajaran


3. Mengantisipasi permasalahan dalam pembelajaran

Materi:

– Mengatasi Kendala Pembelajaran Bahasa Asing


4. Menyusun penilaian berdasarkan jenis dan bentuk evaluasi

Materi:

– Pengembangan dan Adaptasi Bahan Ajar


5. Memperkenalan diri dan orang lain dalam bahasa Mandarin

Materi:

– Perkenalan Menggunakan Bahasa Mandarin

– Bertegur Sapa dalam Bahasa Mandarin


6. Membaca angka dalam bahasa Mandarin

Materi:

– Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 1

– Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 2

– Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 3


7. Melakukan percakapan bisnis dengan bahasa mandarin

Materi:

– Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 1

– Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 2

– Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 3

– Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin 1

– Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin 2

– Meminta Bantuan dalam Bahasa Mandarin

– Ringkasan Percakapan dalam Bahasa Mandarin 1

– Ringkasan Percakapan dalam Bahasa Mandarin 2

– (PDF) Transcript Negosiasi dalam Bahasa Mandarin

– (PDF) Transcript Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin

– (PDF) Transcript Meminta Tolong dalam Bahasa Mandarin


8. Menulis pesan dalam Bahasa Mandarin

Materi:

– Mengirim Pesan Singkat dalam Bahasa Mandarin

– Menulis Surat dalam Bahasa Mandarin 1

– Menulis Surat dalam Bahasa Mandarin 2


Aspek Sikap:

1. Bersifat inklusif kepada siswa

Materi:

– Menilai Kemampuan Awal Siswa

– Mengatasi Kendala Pembelajaran Bahasa Asing

– Pembelajaran Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus

– Pelaksanaan dan Pelaporan Evaluasi Pembelajaran


2. Adil dan objektif dalam menilai

Materi:

– Analisis Kebutuhan Pembelajaran

– Persiapan Evaluasi Pembelajaran

– PDF Format Penilaian Tes Kebahasaan

– Pelaksanaan dan Pelaporan Evaluasi Pembelajaran


3. Teliti dalam memelajari perbedaan pelafalan bahasa Mandarin

Materi:

– Belajar Pelafalan Mandarin

– Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 2

– Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 1

– Meminta Bantuan dalam Bahasa Mandarin

– Menulis Surat dalam Bahasa Mandarin 2


4. Bersikap sopan saat berkomunikasi menggunakan bahasa Mandarin dalam konteks profesional

Materi:

– Bertegur Sapa dalam Bahasa Mandarin

– Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 1

– Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin 1

– Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin 2

– Mengirim Pesan Singkat dalam Bahasa Mandarin

– Menulis Surat dalam Bahasa Mandarin 1

– Menulis Surat dalam Bahasa Mandarin 2

 

 

Catatan Tambahan:

– Sesi konseling (konsultasi) akan dilakukan setiap hari Jumat pukul 16.00-17.00 WIB bersama dengan Emilia Kurniasari

– Pelatihan ini mencakup evaluasi berupa pre-test, formative assessment, post-test, dan tugas/uji praktek

 

 

 

 

Materi

Berkarir Sebagai Guru Bahasa Asing
5.55
Menilai Kemampuan Awal Siswa
8.38
Analisis Kebutuhan Pembelajaran
5.45
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
9.31
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
10.00
Metode Pembelajaran Bahasa Asing
5.26
Berbagai Model & Metode Pembelajaran Bahasa Asing
10.00
Pengembangan dan Adaptasi Bahan Ajar
9.45
Berbagai Jenis Bahan dan Media Pembelajaran
10.00
Tes Kebahasan
4.19
Format Penilaian Tes Kebahasan
10.00
Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Asing
5.37
Mengatasi Kendala Pembelajaran Bahasa Asing
7.26
Pembelajaran Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus
8.23
Supervisi Pendidikan
10.00
Persiapan Evaluasi pembelajaran
9.02
Pelaksanaan dan Pelaporan Evaluasi Pembelajaran
4.34
Materi Perencanaan dan Pembelajaran Bahasa Asing
10.00
Materi Permasalahan dan Solusi dalam Pembelajaran
10.00
Materi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing
10.00
Alasan perlunya Belajar Bahasa Mandarin
5.13
Belajar Pelafalan Mandarin
9.53
Perkenalan Menggunakan Bahasa Mandarin
7.02
Transkrip Perkenalan Menggunakan Bahasa Mandarin
10.00
Bertegur Sapa dalam Bahasa Mandarin
6.24
Transkrip Percakapan dalam Bahasa Mandarin
10.00
Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 1
5.30
Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 2
7.28
Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 3
6.09
Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 1
7.46
Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 2
5.10
Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 3
6.55
Transkrip Negosiasi dalam Bahasa Mandarin
10.00
Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin 1
9.25
Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin 2
6.42
Transkrip Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin
10.00
Meminta Bantuan dalam Bahasa Mandarin
9.15
Transkrip Meminta Tolong dalam Bahasa Mandarin
10.00
Mengirim Pesan Singkat dalam Mandarin
5.36
Mengirim Pesan Singkat dalam Mandarin 2
8.14
Mengirim Pesan Singkat dalam Mandarin 3
6.14
Budaya Bisnis di Cina
7.20
Ringkasan Percakapan dalam Bahasa Mandarin 1
03.18
Ringkasan Percakapan dalam Bahasa Mandarin 2
2.01
Rangkuman Pelafalan dan Sapaan Mandarin
10.00
Rangkuman Angka Bahasa Mandarin
10.00
Rangkuman Negosiasi Bahasa Mandarin
10.00
Rangkuman Percakapan Bahasa Mandarin
10.00
 
 
 
 
 

Materi Kelas

Modul 1: Berkarir Sebagai Guru Bahasa Asing (05:55 menit)
- Berkarir Sebagai Guru Bahasa Asing (05:55 menit)

Modul 2: Analisis Kemampuan dan Kebutuhan Pembelajaran (14:23 menit)
- Menilai Kemampuan Awal Siswa (08:38 menit)
- Analisis Kebutuhan Pembelajaran (05:45 menit)

Modul 3: Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran (34:57 menit)
- Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (09:31 menit)
- Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (10:00 menit)

- Metode Pembelajaran Bahasa Asing (05:26 menit)
- Berbagai Model & Metode Pembelajaran Bahasa Asing (10:00 menit)

Modul 4: Bahan Ajar dan Media Pembelajaran (19:45 menit)
- Pengembangan dan Adaptasi Bahan Ajar (09:45 menit)
- Berbagai Jenis Bahan dan Media Pembelajaran (10:00 menit)

Modul 5: Penilaian Kemajuan Siswa (14:19 menit)
- Tes Kebahasan (04:19 menit)
- Format Penilaian Tes Kebahasan (10:00 menit)

Modul 6: Permasalahan Pembelajaran (31:35 menit)
- Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Asing (05:37 menit)
- Mengatasi Kendala Pembelajaran Bahasa Asing (07:26 menit)

- Pembelajaran Inklusif Anak Berkebutuhan Khusus (08:23 menit)
- Supervisi Pendidikan (10:00 menit)

Modul 7: Evaluasi Pembelajaran (43:36 menit)
- Persiapan Evaluasi pembelajaran (09:02 menit)
- Pelaksanaan dan Pelaporan Evaluasi Pembelajaran (04:34 menit)

- Materi Perencanaan dan Pembelajaran Bahasa Asing (10:00 menit)
- Materi Permasalahan dan Solusi dalam Pembelajaran (10:00 menit)

- Materi Evaluasi Pembelajaran Bahasa Asing (10:00 menit)

Modul 8: Gambaran Umum Pelatihan (05:13 menit)
- Alasan perlunya Belajar Bahasa Mandarin (05:13 menit)

Modul 9: Pelafalan Mandarin (09:53 menit)
- Belajar Pelafalan Mandarin (09:53 menit)

Modul 10: Percakapan dalam Bahasa Mandarin (33:26 menit)
- Perkenalan Menggunakan Bahasa Mandarin (07:02 menit)
- Transkrip Perkenalan Menggunakan Bahasa Mandarin (10:00 menit)

- Bertegur Sapa dalam Bahasa Mandarin (06:24 menit)
- Transkrip Percakapan dalam Bahasa Mandarin (10:00 menit)

Modul 11: Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin (19:07 menit)
- Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 1 (5:30 menit)
- Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 2 (07:28 menit)

- Pelajari Angka dalam Bahasa Mandarin 3 (06:09 menit)

Modul 12: Negosiasi dalam Bahasa Mandarin (29:51 menit)
- Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 1 (07:46 menit)

- Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 2 (05:10 menit)

- Negosiasi dalam Bahasa Mandarin 3 (06:55 menit)
- Transkrip Negosiasi dalam Bahasa Mandarin (10:00 menit)

Modul 13: Percakapan Sehari-hari dalam Bahasa Mandarin (45:22 menit)
- Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin 1 (09:25 menit)

- Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin 2 (06:42 menit)
- Transkrip Mengundang Teman dalam Bahasa Mandarin (10:00 menit)
- Meminta Bantuan dalam Bahasa Mandarin (09:15 menit)
- Transkrip Meminta Tolong dalam Bahasa Mandarin (10:00 menit)

Modul 14: Penulisan dalam Bahasa Mandarin (20:04 menit)
- Mengirim Pesan Singkat dalam Mandarin (05:36 menit)
- Mengirim Pesan Singkat dalam Mandarin 2 (08:14 menit)

- Mengirim Pesan Singkat dalam Mandarin 3 (06:14 menit)

Modul 15: Budaya Bisnis di Cina (07:20 menit)
- Budaya Bisnis di Cina (07:20 menit)

Modul 16: Ringkasan Percakapan Bisnis Bahasa Mandarin (05:19 menit)
- Ringkasan Percakapan dalam Bahasa Mandarin 1 (03:18 menit)
- Ringkasan Percakapan dalam Bahasa Mandarin 2 (02:01 menit)

Modul 17: Ringkasan Materi Belajar Bahasa Mandarin (40:00 menit)
- Rangkuman Pelafalan dan Sapaan Mandarin (10:00 menit)
- Rangkuman Angka Bahasa Mandarin (10:00 menit)
- Rangkuman Negosiasi Bahasa Mandarin (10:00 menit)
- Rangkuman Percakapan Bahasa Mandarin (10:00 menit)

Total Durasi: 380 menit
 
 
 
 

Kelas Direkomendasikan Untuk

- Lulusan ilmu pendidikan Bahasa Mandarin
- Lulusan sastra Mandarin
- Peserta umum yang tertarik untuk berkarir sebagai guru bahasa mandarin di lembaga kursus, pusat kebudayaan, maupun secara mandiri

Syarat & Prasyarat

- Wajib memiliki alat & bahan yang tercantum pada "What Do You Need To Prepare (Yang Perlu Disiapkan)"

Yang Perlu Disiapkan Peserta

Peserta wajib mempersiapkan hal di bawah ini:
- Handphone / Laptop untuk mengakses kelas
- Mengunduh aplikasi
- Internet yang stabil
- Pen & Buku Tulis

Peserta dapat mempersiapkan alat dan bahan di bawah ini untuk dapat mengikuti tugas / uji praktek:
- Aplikasi Microsoft Word
 
 
 
 
 

Tentang Pengajar

Emilia Kurniasari

Chinese Language Expert

Emilia Kurniasari seorang Chinese Language Expert yang sudah mendalami bahasa Mandarin sejak tahun 2015. Ketertarikannya mempelajari bahasa Mandarin dimulai karena melihat prospek China dari berbagai industri yang kian pesat dalam beberapa dekade terakhir. Dari ketertarikannya tersebut, kini Emilia dipercaya menjadi pengajar bahasa Mandarin di berbagai tempat, trainer di berbagai workshop, hingga mendapat berbagai penghargaan bergengsi.

Aprillia Chrisani

Praktisi Pedagogik

Aprillia Chrisani saat ini bekerja sebagai Brain Academy Pedagogy Lead di sebuah startup edtech #1 se Indonesia.. Pengalamannya sebagai praktisi pedagogik dimulai sejak Tahun 2014 sebagai pengajar Bahasa Inggris baik lembaga pendidikan formal maupun non-formal. April juga merupakan lulusan kampus ternama yakni The Northern Sydney Institute serta memiliki sertifikasi Lesson planning and use of resources for language teaching dan Managing the teaching and learning process dari Cambridge Assessment.