MODUL PERTAMA :
Pertemuan Ketiga
Diploma di bidang bisnis dan manajemen penjualan
Operasi dasar bisnis esson- 3 bidang operasi bisnis
Revisi:
Operasi bisnis apa?
Apa itu operasi bisnis?
Operasi dimulai sebagai kata-kata pada selembar kertas. Mereka - untuk semua maksud dan tujuan - penting untuk setiap usaha bisnis. Pada awalnya, mereka dimasukkan ke dalam rencana bisnis untuk berfungsi sebagai peta jalan yang rusak. Investor dan pendiri dapat dengan mudah mengaksesnya dan lebih memahami semua bagian yang bergerak dari sebuah perusahaan, seperti personil, peralatan, dan proses yang diperlukan untuk meningkatkan nilai organisasi.
Meskipun definisi umum istilah ini ditetapkan dalam batu, operasi itu sendiri tidak. Mereka dimaksudkan untuk memperkenankan ikhtisar dan memberikan pengawasan mengenai kegiatan organisasi. Mereka membantu menetapkan peran dan tanggung jawab yang jelas, dengan pengelolaan risiko, sumber daya, dan alokasi serta dengan mengungkapkan tindakan terbaik setiap saat. Mereka adalah baik pemandu dan kegagalan, memastikan bahwa sebuah perusahaan tetap dalam anggaran dan bahwa departemen bekerja sama dengan efektif. Di sinilah teori berakhir dan praktek dimulai; Sebuah variabel sudut harus dipertimbangkan.
Apa itu operasi bisnis?
Mungkin bisnis yang dimaksud adalah sebuah produsen produk. Bergantung pada apa yang dihasilkannya, rantai pasokannya bisa lebih panjang atau lebih pendek. Bergantung pada berapa banyak proses yang otomatis, jumlah karyawan dapat berbeda. Jika perusahaan itu menjual produknya melalui toko batu bata dan semen, perusahaan itu membutuhkan lokasi yang tepat — untuk memaksimalkan penjualan tetapi juga menghormati peraturan — sementara jika terlibat dalam bisnis eCommerce, bisnis tersebut akan memerlukan perangkat lunak yang cocok. Ini hanyalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi operasi bisnis di dalam perusahaan.
Operasi juga mengalami perubahan seiring dengan pertumbuhan bisnis. Sementara praktik umum di sebuah perusahaan kecil bagi satu orang untuk memiliki lebih banyak tanggung jawab, hal yang sama hampir tidak ideal di perusahaan yang lebih besar. Operasi bisnis harus berkembang bersama organisasi, atau gangguan dalam sistem akan segera membuat kehadiran mereka terasa. Jika ada terlalu banyak tekanan atau terlalu banyak tanggung jawab di pundak satu orang, di sini akan ada kesalahan dan kelalaian hampir tak terelakkan. Hal ini, selanjutnya, cenderung menjadi kumulatif dan akan mengarah pada hal yang sama, menciptakan efek domino yang merusak. Ini terserah semua departemen untuk terus beradaptasi dan memperbaiki operasi bisnis untuk menjaga pertumbuhan perusahaan.
Operasi bisnis di dalam perusahaan
Meskipun strategi dan proses selalu dapat berubah, pedoman tertentu tetap berlaku untuk hampir bisnis apa pun yang ingin tumbuh. Berikut ini beberapa petunjuk:
Membangun dasar yang tepat dari awal. Sebuah tim yang memiliki tujuan yang sama dan berdedikasi untuk mencapai tujuan - tujuan itu dapat membuat perbedaan besar pada garis finis;
Bertujuan untuk transparansi dalam dan antar departemen. Semakin banyak informasi dikirim dari satu tim ke tim lain, semakin kecil kemungkinan terjadi kesalahan dan kesalahan
Memilih orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Individu yang berbeda memiliki kualitas yang berbeda. Penting untuk mendelegasikan dengan ini dalam pikiran;
Menggunakan data untuk membuat keputusan. Kewaspadaan disarankan ketika merencanakan masa depan. Pengumpulan Data dan penafsiran dapat menghilangkan sejumlah variabel dan meningkatkan kemungkinan pelayaran halus;
P
RA
AMWORK
Operasi bisnis di dalam perusahaan
Menerima umpan balik tim. Pendiri dan pemangku kepentingan dapat dengan mudah kehilangan jejak operasi inti, yang mempengaruhi kemampuan mereka dalam membuat keputusan. Terus - menerus berkomunikasi dengan karyawan dapat menghilangkan ini;
Fokus pada pelayanan pelanggan. Entah produsen atau penyedia jasa, bisnis mengandalkan pelanggannya. Mereka hendaknya tidak pernah diabaikan atau bahkan diremehkan;
Memiliki rencana jangka panjang. Perubahan konstan pada faktor-faktor eksternal dapat menjatuhkan perusahaan tanpa prediksi ke depan. Kemampuan beradaptasi dan perencanaan yang baik dapat menjamin kelangsungan hidup dan pertumbuhan suatu organisasi.
idealname
Fungsi operasi bisnis
Fungsi operasional, seperti operasi itu sendiri, sering mengalami perubahan. Pendiri perusahaan dan pemangku kepentingan memiliki tangan yang menentukan dalam bagaimana fungsi-fungsi ini akan dilakukan. Ada juga faktor-faktor lain untuk perubahan, seperti persediaan modal manusia, tanggung jawab departemen, tingkat kelembagaan dan efektivitas ieader yang bertanggung jawab mengawasi dan mengadaptasi operasi bisnis. Namun, beberapa fungsi ini tetap umum di seluruh papan tulis, seperti:
Memelihara komunikasi yang efektif dan mengupayakan konsensus;
Menyediakan manajemen tingkat senior dengan jumlah yang tepat pembinaan, les dan bimbingan;
. Audit dan reengineering proses bisnis;
Memaksimalkan kinerja dengan menetapkan keseimbangan antara departemen dan kelompok;
Mengelola proses anggaran dan perencanaan pada tingkat strategis dan departemen;
Memantau dan membimbing pihak ketiga bekerja sama dengan cermat;
Melakukan tinjauan kontrak untuk memastikan kepatuhan.
Operasionalisasi bisnis itu apa?
Operasionalisasi dimulai dengan konsep kata kata di selembar kertas
Kata Operasionalisasi dimaksudkan digunakan untuk semua aktivitas bisnis.
Kata Operasionalisasi juga menjadi tujuan penting berdirinya sebuah usaha bisnis.
Jadi operasional bisnis itu masuk dalam bussiness plan (rencana bisnis)
Operasionalisasi bisnis berfungsi sebagai road map kasar
Road map itu adalah rencana, nanti jalannya bisnis kita ini bagaimana. Dalam 1 tahun harus menghasilkan apa dan berapa banyak. Bagaimana cara mencapainya. Itu yang disebut road map.
Dalam bussiness Plan ada Road Map kasar yang belum rinci.
Dalam Road map itulah terlihat operasionalisasi bisnis.
Jadi perhatikan ada kata-kata penting (1) Operasionalisasi Bisnis (2) Bisnis Plan (3) Road Map
Gambar di atas adalah contoh Road map
Lihat dalam road map di atas ada rincian kegiatan apa yang akan dilakukan. Rincian kegiatan itulah operasionalisasi bisnis
Dengan adanya (1) Bisnis Plan (Rencana Bisnis) (2} Road Map Dan (3) aktivitas operasional perusahaan ini. Maka nvestor dan pendiri perusahaan dapat dengan mudah melihat perusahaan ini mau kemana ? Berapa keuntungan yang dihasilkan ? Berapa modal yang dibutuhkan ? Dan lain lain.
Investor dan pendiri perusahaan dapat mengakses semua rencana dan lebih mudah memahami semua bagian yang bergerak dari sebuah perusahaan.
Bagaimana kontrol personil atau pegawai perusahaan, bagaimana operasionalisasi peralatan perusahaan, dan proses apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan nilai perusahaan.
Definisi bisnis plan dan Road map dibuat baku, akan tetapi operasionalisasi bisnis tidak
Bagaimana sebuah operasionalisasi bisnis dijalankan tidak dapat didefinisikan dengan baku. Operasionalisasi bisnis adalah berakhirnya teori dan dimulainya praktek. Berbagai macam variabel nyata yang tidak ada dalam teori harus dipertimbangkan
Hal ini yang membedakan operasionalisasi bisnis dengan BUSSINESS PLAN dan ROAD MAP
PERTEMUAN KEEMPAT
Dalam Pertemuan Keempat ini dibahas tentang Rantai Suplai Dan Logistik
Pertemuan 6 : Metode Produksi dan Proses Transformasi
Pertemuan Kedua
Operasi Bisnis
FRAME WORK BISNIS OPERASI : Kerangka Operasi Bisnis
Operasi bisnis
Semua organisasi, terlepas dari industri, ukuran, atau kematangan, memiliki satu set kegiatan dasar yang diperlukan untuk menjalankan bisnis — sering disebut operasi-operasi bisnis dengan sukses menuntut kerja keras banyak bagian yang bergerak di berbagai kelompok — dengan waktu dan sumber daya yang terbatas. Anda memerlukan pemeliharaan yang tekun, perencanaan strategis yang berpengetahuan luas, dan eksekusi disiplin agar berhasil.
Keberhasilan dicapai dengan menentukan strategi besar dan mengimplementasikannya tanpa henti sedangkan kegagalan hampir selalu disebabkan oleh salah satu dari dua hal: strategi buruk atau implementasi yang tidak efektif.
Eksekusi tanpa strategi adalah kekacauan, jadi kau ingin memulai dengan mengatur strategi dan menetapkan target secara berkala, serta mengembangkan dan mempertahankan operasi yang efektif. Akhirnya, itu berarti memastikan anda memiliki tim yang tepat di tempat untuk memprioritaskan, mendukung, dan melaksanakan inisiatif strategis. Inisiatif itu akan membantu mendorong strategi anda dan keberhasilan keseluruhan.
Ketika dilaksanakan dengan baik, praktik ini memungkinkan tim anda untuk fokus pada inisiatif yang lebih penting, dengan kata lain,"Operasi bisnis yang efektif membuat hal - hal kecil menjadi mudah
Sehingga hal-hal besar menjadi mungkin
Pertemuan Pertama : Pengantar
Kegagalan Operasional Bisnis disebabkan oleh dua hal utama
(1) strategi yang buruk (2) Implementasi yang tidak efektif
Keberhasilan besar dicapai oleh keberhasilan kecil kecil
Jika ingin 1 minggu berhasil sukses, maka setiap hari dari Senin sampai Minggu harus selalu berhasil, setiap hari dipenuhi keberhasilan
Jika ingin 1 hari berhasil. Maka setiap jam dalam 24 jam harus meraih keberhasilan
Perencanaan strategis
Tantangan terbesar yang kita lihat dalam operasi bisnis adalah kurangnya kesejajaran antara inisiatif dan strategi. Sering kali, menetapkan rencana strategis dapat menjadi luar biasa atau prioritas yang lebih rendah pemimpin yang jauh berfokus pada tenggat waktu. Namun, overrencana strategis anda dapat mahal dan menyebabkan masalah serius hilir karena itu adalah dasar dari upaya masa depan organisasi anda.
Rencana strategis yang kuat adalah kunci untuk menempatkan organisasi untuk sukses dengan investasi yang tepat, menyatukan tim di bawah satu purpase, kinerja mengukur, dan memastikan keselarasan di seluruh perusahaan.
Perencanaan strategis dimulai dengan mengidentifikasi visi organisasi, misi, dan seperangkat tujuan. Kemudian, anda menentukan pendekatan dan taktik anda untuk mendorong keberhasilan. Strategi anda tidak ada dalam kekosongan dan harus menyelaraskan dengan strategi perusahaan yang ada.
Elemen kunci lainnya adalah untuk memastikan strategi anda memiliki pemilihan inisiatif dan proses prioritas yang memastikan anda menggunakan sumber daya dalam cara yang bermakna. Anda kemudian perlu berkomitmen pada seperangkat metrik untuk menentukan keberhasilan dan kesehatan keseluruhan organisasi anda.
6 elemen perencanaan strategis yang efektif
Framework bisnia (kerangka kerja bisnis) adalah siklus operasi berkesinambungan, yang dibagi dalam berbagai tahap kegiatan (dan setiap tahap sudah bisa memberi informasi).
Jika framework bisnis telah terbentuk teratur seperti di atas, maka pada saat itu
rencana strategis paling bagus mulai dilakukan.
Selama proses perencanaan strategis, sebuah organisasi melakukan tiga langkah:
1. Membangun atau mengubah visi strategis mendasar dan misi
2. Bertekad untuk mencapai tujuan yang mendorong kesehatan keseluruhan
3. Mengembangkan rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan
Perencanaan strategis
Melakukan modifikasi atau membangun landasan visi yang strategis
Membuat rencana strategis untuk mendung strategi yang telah ada
dan komitmen untuk membuat standar ukur yang mengukur kesehatan seluruh bagian orgarizaton
6 elemen perencanaan strategis yang efektif
visi, aspirasi bisnis
Msion, alasan eksistensi organisasi dan tujuan para pendiri perusahaan
Objective, tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan
Strategi, rencana jangka panjang untuk merealisasikan objective dari perusahaan
Approach (pendekatan), metode eksekusi rencana jangka panjang
Taktik, langkah cerdas (smart) yang berfokus pada rencana aksi (action plan) yang mendukung seluruh strategy
6 elemen dari perencanaan strategis yang efektif
1. Definisikan visi anda — pernyataan visi organisasi adalah deskripsi aspirasional tentang apa yang ingin dicapai di masa depan
2. Buat misi anda — sementara visi anda adalah tujuan umum organisasi, misi anda adalah bagaimana merencanakan untuk mencapai visi tersebut.
3. Tetapkan objective (tujuan) - tujuan adalah hasil spesifik
Seseorang atau sistem harus mencapai hasil spesifik tertentu dalam waktu tertentu
4. Kembangkan strategi anda — strategi anda adalah rencana jangka panjang yang memungkinkan anda mencapai tujuan organisasi (objective) anda.
5. Uraikan pendekatan anda - pendekatan atau approach adalah metodologi yang diambil untuk mengeksekusi strategi anda.
6. Detilkan taktik yang diambil - taktik terfokus inisiatif, proyek, atau program yang memungkinkan organisasi untuk melaksanakan rencana strategis.
Contoh perlunya Rencana Strategis dalam bidang keuangan
1. Tentukan visi anda
Visi perlu dinyatakan
Visi berfungsi sebagai panduan yang jelas untuk memilih jalan dan tindakan yang diambil saat ini dan di masa depan
Visi memberikan gambaran mengenai di mana dan di posisi apa organisasi bisnis anda berada dalam jangka panjang di masa depan
Visi memberikan irama gerak bagi organisasi dan menyediakan bintang petunjuk di cakrawala kehidupan organisasi bisnis anda.
Sebuah pernyataan visi yang kuat membantu karyawan perusahaan memfokuskan pekerjaan mereka pada arah yang benar
Sebuah pernyataan visi yang kuat juga akan melakukan hal yang sama bagi organisasi anda.
Contoh Warby Parker, penjual kacamata ritel on line didirikan pada tahun 2010. Sekarang diperkirakan bernilai $3 miliar.
Jadi sebuah pernyataan visi organisasi adalah gambaran aspirational tentang apa yang ingin dicapai organisasi di masa depan.
Lihat situs : www.warbyparker.com
Pertemuan Kedua ini kita bahas Framework Bisnis itu apa saja... kerangka sebuah Bisnis...
Pertemuan Pertama
Pertemuan pertama Modul 1 telah dilakukan Hari Rabu : 25 Agustus 2021
Judul Modul Pertama yang diberikan ini adalah : Fundamental Of Bussiness Operations
Kita akan mulai bahas setiap halaman yang ada. Karena bahan exam / ujian semua diambil dari bahan Pdf ini..
Dalam Operation Management atau manajemen operasi dipelajari beberapa aspek penting (key aspect)
(1) Capacity Planning/Perencanaan Kapasitas Operasional
(2) Productuvity Analysis/ Analisa Produktivitas Operasional
(3) Improvement Analysis/ Analisis Improvisasi
(4) Quality Assurance / Menjaga Kualitas Standar Operasional
(5} concept Of Lean Management / Konsep Pembatasan-Efisiensi Manajemen
Dalam menjalankan bisnis (operasional Bisnis) dikenal beberapa tipe struktur Perusahaan
1) Sole Proprietorship (kepemilikan tunggal : CV/UD, di Indonesia)
(2) Limited Liability company (LLC.) / Perseroan Terbatas (PT)
(3) Partnership / Kerjasama operasi (joint operation, konsorsium, dll)
Dalam menjalankan bisnis (operasional Bisnis) ada beberapa faktor yang mempengaruhi operasional bisnis (factor that impact)
(1) Physical Facilities/ Fasilitas Fisik
(2) Equiptment/peralatan kerja
(3) Labor/Tenaga Kerja
(4) Raw Material- the setting up (persiapan material dasar/bahan)
(5) Maintenance Cost / Biaya Perawatan/Pemeliharaan
(6) day to day running cost/ biaya operasional harian
Dalam menjalankan bisnis (operasional Bisnis) dipelajari juga
(1) Production Methode/ metode Produksi
(2) Quality Control/Kontrol Kualitas
(3) Quality Assurance/Jaminan Kualitas
Dalam menjalankan bisnis (operasional Bisnis) harus diketahui bagaimana manajer atau pemimpin perusahaan :
(1) Membuat keputusan
Make Decisions
(2)Mengukur performansi dengan tools/metode/cara/standar penilaian tertentu
Tools they use to help them measure their performance
Guide pdf
Apakah Bisnis itu ?
Bisnis didefinisikan sebagai organisasi atau menggunakan entitas perusahaan dalam bidang komersial, industri atau aktivitas profesional
Business is defined as organizational or enterprising entity engaged in commercial, industry. And professional activity
Aktivitas bisnis (1) Bisa berorientasi Profit (2) Orientasi Non Profit dengan misi charity atau dalam kasus sosial
Terminology Bisnis juga mengacu pada upaya organisasi dan aktivitas individu untuk produksi barang dan jasa dengan tujuan profit.
Dalam skala bisnis, jangkauan bisnis meliputi bisnis skala Sole Proprietorship (kepemilikan tunggal : CV/UD, di Indonesia) sampai bisnis dengan aksi korporasi internasional
Beberapa theory dalam administrasi bisnis juga membahas tentang organisasi behavior (budaya kebiasaan organisasi), teory organisasi, dan juga manajemen strategis
Lihat beberapa konsep tentang manajemen operasional
Manajemen operasional merupakan bagian manajemen yang erat kaitannya dengan mengawasi, merancang, dan mengendalikan kegiatan produksi. Selain itu, manajemen ini bertugas mengendalikan kegiatan produksi dan proses perbaikan strategi kegiatan bisnis dalam hal produksi barang dan jasa.
Apakah Bisnis itu (slide 2)
BISNIS bisa juga dilihat sebagai sebuah bentuk realisasi dari REALISASI RENCANA BISNIS (development of bussiness plan)
BISNIS PLAN sendiri adalah (1) proses penyusunan dokumen formal dengan detil meliputi maksud bisnis an tujuan bisnis (business goal and objective)
(2) Bisnis Plan juga membahas STRATEGI yang ditempuh untuk meraih maksud bisnis an tujuan bisnis (business goal and objective)
Bisnis Plan sangatlah penting (esensial) jika modal didapatkan dari proses meminjam pada saat operasional awal
Hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam bisnis adalah Struktur LEGAL dari bisnis
Struktur Legal bisnis tergantung pada tipe bisnis, jenis perijinan yang dibutuhkan secure permit, bagaimana proses pendaftarannya, dan lisensi apa yang dibu tuhkan untuk operasi legal
Di beberapa negara korporasi sangat memperhatikan aspek yuridis personal.
Aspek yuridis ini membuat korporasi dapat memiliki property atau bangunan milik nya sendiri, dapat berhutang (ke lembaga keuangan), dan dapat digugat di pengadilan
Di Indonesia misalnya contoh untuk yang pailit atau bangkrut ditentukan oleh aspek yuridis formal lewat UU No.37/ Tahun 2004 mengatur tentang KPKPU, Kepailitan, dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang
Saat memutuskan mendirikan usaha bisnis (business venture), keputusan penting pertama dari pemilik bisnis adalah melengkapi aspek legal structure dari bisnis. Masing masing struktur legal bisnis memiliki kelebihan dan juga kekurangannya masing masing
Pilihan yang benar terkait struktur legal ini adalah struktur legal yang sesuai dengan tujuan bisnis terhubung ke aturan pajak yang tepat dan berbagai kewajiban legal yang lain
Penting untuk memahami dan menerima kewajiban legal (liability), atau tanggung jawab legal pada pengelolaan keuangan/ finansial, saat memulai bisnis
Apa yang dimaksud dengan LIMITED LIABILITY ?
Contoh LL adalah : stokc holder dalam Corporation, pemilik LLC (owner), limited partner dalam sebuah partnership terbatas
Limited Liability atau batas dari tanggung jawab
Jadi secara umum arti dari LL adalah bahwa pemilik bisnis (bisnis Owner adalah) bertanggung jawab hanya pada sejumlah dana yang dia investasikan saja
Jadi secara umum arti dari LL adalah bahwa pemilik bisnis (bisnis Owner adalah) bertanggung jawab hanya pada sejumlah dana yang dia investasikan saja. Jika terjadi masalah keuangan di dalam perusahaannya, dia hanya kehilangan sejumlah uang yang dia investasikan saja, tapi aset pribadi miliknya tidak termasuk disita. Misalkan rumah atau mobil miliknya tidak akan ikut disita
Jika ada perbedaan dari definisi LL ini. Maka pemilik bisnis harus berdiskusi dengan kejaksaan atau aparat pengadilan
Pembahasan LL Limited Liability ini sama persis dengan legal bisnis di Indonesia. Di Indonesia ada PT (LL,Limited Liabilyty) dan ada CV. Jika terjadi masalah maka pada PT tanggung jawab pemilik hanya sebatas saham. Akan tetapi untuk CV berbeda, jika ada masalah hukum maka semua harta yang menjadi milik owner CV juga akan disita oleh pengadilan..
Langkah praktis agar aman dalam CV adalah tidak ada harta apapun yang diatas nama kan atau dimiliki oleh owner CV. Karena crash hukum akan berakibat fatal bukan hanya buat perusahaan tapi juga buat pemilik CV. Untuk PT maka prinsip LL inilah yang dipakai. Ada pemisahan yang jelas dengan harta pribadi pemilik perusahaan
Pilihan aspek Legal berikutnya adalah Unlimited Liability : Pada model UL ini tidak dibedakan antara tanggung jawab bisnis dan tanggung jawab personal. Ini biasa terjadi pada tipe single Proprietorship atau
Model Partnership / Kerjasama operasi (joint operation, konsorsium, dll) yang bersifat umum
Pada model bisnis UL ini jika terjadi masalah keuangan maka semua harta yang menjadi milik pribadi juga akan disita oleh pengadilan untuk membayar seluruh hutang yang dilakukan oleh bisnis, tidak terbatas pada saham perusahaan
Perlindungan terhadap harta pribadi yang terkait pemilihan sebuah bentuk legal perusahaan dalam menghadapi resiko tuntutan hukum, menjadi pertimbangan utama dan pertama dalam memilih sebuah bentuk perusahaan.
Carefully consider the legal structure of the bussiness
Ada banyak aturan hukum yang diberlakukan kepada pemilik owner bisnis, sehingga owner bisnis disarankan untuk berkonsultasi dengan kejaksaan atau CPA. Certified Public Accountant untuk memahami seluruh aturan dan semua tanggung jawab legal
Video di atas adalah penjelasan tentang structure bisnis di Amerika. Terkait dengan kepemilikan dan saham
https://howtostartanllc.com/choosing-a-business-structure
Dengan demikian struktur legal utama yang dikenal dalam bisnis adalah sebagai berikut ;
(1) Sole Proprietorship (kepemilikan tunggal ) adalah bisnis yang dibuka dan dioperasikan oleh satu orang tunggal. Tidak ada pemisahan legal antara bisnis dan kepemilikan pribadi. Tax atau pajak dan tanggung jawab legal atau legal liabilities bisnis ada pada tanggung jawab perorangan personal owner perusahaan
(2) Partnership / Kerjasama operasi (joint operation, konsorsium, dll) adalah hubungan bisnis antara 2 orang atau lebih yang bekerja sama menjalankan bisnis, joint to conduct business. Masing masing partner memberikan kontribusi sumber daya dan uang ke dalam aktivitas bisnis dan berbagi profit keuntungan dan kerugian atau lossess dalam bisnis. Pembagian keuntungan profit dan kerugian losses tercatat pada masing masing laporan pajak mereka semua (tax return)
(3) Korporasi, adalah bisnis yang terdiri dari sekelompok orang yang beraktivitas yang sama dalam entitas tunggal (single entity). Umumnya pemilik Korporasi disebut pemegang saham atau share holder yang menunjukkan bagian saham dari saham bersama perusahaan.
Pada saat terjadi penggabungan usaha (incorporating) pemilik akan dilepaskan dari tanggung jawab keuangan yang muncul karena aktivitas bisnis tersebut. Akan tetapi korporasi akan menerapkan aturan pembayaran pajak yang ketat dan tidak menyenangkan bagi para owner (pemegang saham) korporasi
(4) Limited Liability company (LLC.) / Perseroan Terbatas (PT) mengkombinasikan keuntungan dalam pembayaran pajak dibandingkan dengan bentuk perusahaan partnership (2) dengan keuntungan tanggung jawab terbatas yang ada pada bentuk perusahaan korporasi (3)
Jadi bentuk LLC (4) adalah perusahaan yang keuntungannya digabungkan antara bentuk perusahaan Partnership (2) dan perusahaan korporasi
Apakah perbedaan antara
(1)stockholder,
(2) shareholder,
(3) stakeholder
Shareholder dan stockholder adalah pemilik atau owner perusahaan
Stakeholder adalah semua yang berhubungan dengan perusahaan.
Apa itu operasi bisnis?
Operasi bisnis merujuk pada kegiatan yang melibatkan bisnis setiap hari untuk meningkatkan nilai perusahaan dan mendapatkan keuntungan.
Kegiatan dapat dioptimalkan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup untuk menutup pengeluaran dan memperoleh keuntungan bagi pemilik bisnis.
Karyawan membantu mencapai tujuan bisnis dengan melakukan fungsi-fungsi tertentu seperti pemasaran, akuntansi, manufaktur, DLL
layanan
penjualan
Servlce
manufaktur
penjualan
Seiring dengan pertumbuhan bisnis, manajemen harus merencanakan untuk mengakomodasi perubahan untuk mencegah gangguan terjadi dalam sistem. Misalnya, harus siap untuk menangani tantangan timbul seperti masalah hukum, pemasaran, dan kapasitas
R&D
pemasaran
Pengadaan bahan baku
Sederhana, padahal aku sibuk
Membeli operasi Sfed Busie Dirisian e
Operasi bisnis di industri yang berbeda
Kegiatan dapat dioptimalkan untuk menghasilkan pendapatan yang cukup untuk menutup pengeluaran dan
Dapatkan keuntungan. Operasional bisnis bervariasi di industri, sesuai dengan persyaratan dari industri tertentu.
layanan
penjualan
Manufaktur (termasuk litbang)
Pembelian (bahan)
Melarutkan darahku dari nol
Kau harus 7 langkah dalam operasi bisnis
Sertakan dalam proses manajemen bisnis
2
Mulailah dengan prakiraan arus kas dengan menentukan metodologi dan format baru untuk menggunakan uang untuk tujuan yang berbeda. Cmeren(anacan kauiran Keuan gan)
Siapkan rencana laba dan anggaran yang fleksibel untuk menyelamatkan goney untuk bisnis masa depan. Juga membuat laporan varians bulanan untuk memastikan cono ofxpenseswarsaw
3. Lakukan analisis Breakeven untuk pengambilan keputusan keputusan point/ Pescnbali
Pada laporan untuk perusahaan dan tahu karyawan terbaik anda dan prestasinya. (lapetan ernng94) Lns ansaopaulepaule4. Selalu membuat mingguanOs
Rencanakan pertemuan manajemen reguler untuk membahas semua masalah dan masalah bisnis anda. Alsocs membahas rencana operasi tim strategis untuk mendapatkan keluaran lebih banyak dari anggota tim manajemen. 0 memahami struktur organisasi, delegasi otoritas dan panduan presisida
TeNb497Kศ
paule
Pembangunan.
Anda akan perlu mengatur prosedur perekrutan standar dan pedoman umum untuk menemukan karyawan berkualitas terbaik ro otrcompan. Setiap pemilik bisnis harus mengikuti standar prosedur operasi bisnis untuk mendapatkan lebih banyak output untuk tim manajemen dan karyawan
paule
Rasanya enak sekali
7. Anda perlu mengatur prosedur perekrutan standar dan pedoman umum untuk karyawan findi yang berkualitas untuk membusuk trcompany setiap pemilik bisnis harus mengikuti prosedur operasi standa untuk mendapatkan lebih banyak output untuk tim manajemen dan karyawanPembangunan.Diterjemahkan oleh:
Unsur - unsur dalam kegiatan bisnis
Operasi bisnis untuk sebagian besar bisnis memperhitungkan unsur-unsur berikut: proses Peces
Staf anengetola pe 5 swai
Lokasi 2ok berlalu
Peralatan atau teknologi -) pa suakan
Bidang fungsional bisnis
paule
Cuman kaki
Unsur - unsur dalam kegiatan bisnis
proses
Proses penting karena dampaknya pada produktivitas dan efisiensi. Proses yang dilakukan secara manual yang dapat dilakukan lebih cepat dengan perangkat lunak atau yang menggandakan pekerjaan yang dilakukan oleh departemen lain dapat menghabiskan waktu dan uang bisnis. Proses operasi bisnis harus didokumentasi departemen demi departemen sehingga manajer operasi dapat mempelajarinya untuk menemukan bidang-bidang untuk perbaikan, konsolidasi, atau penghematan biaya. Dokumentasi juga membantu perusahaan melatih karyawan baru.
7 langkah dalam operasi bisnis yang harus di masukkan dalam proses manajemen bisnis
1. Mulailah dengan prakiraan arus kas dengan menentukan metodologi dan format baru untuk menggunakan uang untuk tujuan yang berbeda.
2. Siapkan rencana laba dan anggaran yang fleksibel untuk menyelamatkan goney untuk bisnis masa depan. Juga membuat laporan varians bulanan untuk memastikan
3. Lakukan analisis Breakeven untuk pengambilan keputusan keputusan
4. Selalu membuat laporan mingguan
5. Mencanakan pertemuan manajemen reguler untuk membahas semua masalah dan masalah bisnis anda.
Membahas rencana operasi tim strategis untuk mendapatkan keluaran lebih banyak dari anggota tim manajemen.
6. memahami struktur organisasi, delegasi otoritas dan membuat petunjuk panduan kegiatan yang presisida
7. mengatur prosedur perekrutan standar dan pedoman umum untuk menemukan karyawan berkualitas terbaik
Setiap pemilik bisnis harus mengikuti standar prosedur operasi bisnis untuk mendapatkan lebih banyak output untuk tim manajemen dan karyawan
Unsur - unsur dalam kegiatan bisnis
staffname
Staf ditentukan oleh proses. Siapa yang perlu melakukan pekerjaan yang diuraikan dalam proses kerja dan berapa banyak yang dibutuhkan? Sebuah bisnis kecil mungkin membutuhkan beberapa orang yang generalis sementara perusahaan besar akan membutuhkan lebih banyak orang yang spesialis
Unsur - unsur dalam kegiatan bisnis
lokasi
Lokasi lebih penting untuk jenis bisnis tertentu daripada yang lain - dan alasan lokasi akan bervariasi. Seorang konsultan solopreneur mungkin hanya perlu ruang untuk meja di rumah, pet groomer wil membutuhkan lokasi dengan parkir, dan pengembang perangkat lunak perlu ditempatkan di daerah dengan akses ke bakat yang sesuai.
Unsur - unsur dalam kegiatan bisnis
peralatan
Peralatan atau teknologi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan bisnis secara optimal sering kali berdampak pada lokasi. Pembersih hewan piaraan dengan staf dan beberapa dek perawatan membutuhkan lebih banyak ruang dan berbagai peralatan dari tukang cuci mobil yang menawarkan layanan yang disediakan di rumah hewan piaraan itu. Bisnis pembersih karpet tidak perlu etalase, tetapi perlu garasi untuk menyimpan truknya ditambah ruang kantor untuk operasi bisnis manajemen.
Operasi bisnis membutuhkan
Pikirkan bisnis yang diusulkan
Untuk setiap kategori yang terdaftar, rangkumlah rencana awal untuk masing-masing, berdasarkan hasil akhir
Berlaku untuk bisnisku?
Jika ya, apa kebutuhan?
Ya atau tidak)
Kegiatan fisik
Aku bisa merasakanmu
Lokasi dan fasilitasname
Peralatan operasional dan
pemeliharaan
Peralatan produksi dan
bahan
Karyawan -2kAr (wan
Bantuan profesional
Pertanyaan tambahan untuk dipertimbangkan:
Apa standar industri di masing-masing bidang ini?
Apakah standar industri selaras dengan tujuan bisnis saya?
Onsl dan gemcli hakan)
Operasi bisnis
Operasi bisnis mencakup tiga tuntutan manajemen dasar yang secara kolektif bertujuan memaksimalkan nilai yang diambil dari aset bisnis (ini sering disebut sebagai "berkeringat aset "):
1. Menghasilkan pendapatan yang terus meningkat
2. Meningkatkan nilai aset bisnis
3. Amankan pendapatan dan nilai bisnis
Tiga imperatif yang saling tergantung. Prinsip dasar berikut ini mengilustrasikan saling ketergantungan ini:
Semakin sering pemasukan yang dihasilkan oleh aset, semakin bernilai jadinya.
Misalnya produk yang menjual di volume dan harga tertinggi biasanya dianggap sebagai produk yang paling berharga dalam portofolio produk bisnis.
Semakin berharga suatu produk, semakin banyak pemasukan yang dihasilkannya
Misalnya sebuah mobil mewah dapat disewakan pada tingkat yang lebih tinggi dari mobil normal.
Operasi bisnis
Nilai intrinsik dan potensi yang menghasilkan pemasukan dari aset tidak dapat diwujudkan tanpa cara untuk mengamankannya,
Setor minyak bumi tidak ada nilainya kecuali proses dan peralatan dikembangkan dan digunakan untuk mengekstrak, menyaring, dan mendistribusikannya secara menguntungkan.
Model bisnis dari sebuah bisnis menggambarkan sarana yang melaluinya tiga perintah manajemen tercapai. Dalam pengertian ini, operasi bisnis adalah eksekusi model bisnis.
Kasus di Indonesia
1. Usaha Perorangan, usaha yang dilakukan oleh perseorangan tanpa adanya perusahaan
2. Badan Usaha, organisasi untuk berusaha, usaha yang dilakukan dengan membentuk perusahaan. Aset pribadi dan perusahaan dicampur tidak dipisah
Yang termasuk badan usaha : UD, CV, Firma, Persekutuan Perdata
Aspek legal : Terdaftar di Kementerian HUK dan HAM, SIUP, Pajak, Surat Domisili, Asosiasi dll
3. Badan Hukum, aset pribadi dan perusahaan dipisah tidak dicampur.
Yang termasuk badan hukum : PT, Yayasan, Koperasi, BUMN, BUMD, BUM Desa
Aspek legal : Terdaftar di Kementerian HUK dan HAM, SIUP, Pajak, Surat Domisili, Asosiasi, dll
Kasus ini hanya terjadi di Indonesia, di internasional tidak dikenal pemisahan definisi antara Badan Usaha dan Badan Hukum..
Jadi pertemuan Pertama ini membahas tentang hal hal dasar apa saja yang ada dalam bisnis
Unsur - unsur dalam kegiatan bisnis
lokasi
Lokasi lebih penting untuk jenis bisnis tertentu daripada yang lain - dan alasan lokasi akan bervariasi. Seorang konsultan solopreneur mungkin hanya perlu ruang untuk meja di rumah, pet groomer wil membutuhkan lokasi dengan parkir, dan pengembang perangkat lunak perlu ditempatkan di daerah dengan akses ke bakat yang sesuai.